Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan

Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky

  • Muhammad Khoiruzzadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tiyas Prasetya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan

Abstract

Perkembangan kognitif sangat penting untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengeksplor dirinya, karena berkaitan dengan pikiran sadar seorang anak.  Piaget dan Vygotsky memperkenalkan sejumlah ide dan konsepnya unntuk mendeskripsikan dan menjelaskan  perubahan-perubahan dalam pemikiran logis  yang diamatinya. Piaget meyakini bahwa anak secara alami memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka memahami dunia tersebut. Piaget menjelaskan tahapan perkembangan kognitif anak berdasarkan usianya. Berbeda dengan Vygotsky yang meyakini anak mampu belajar dengan baik jika terus bersosialisasi dan butuh bantuan orang yang lebih ahli untuk mengembangkan pengetahuan anak. Salah satu tujuan dari pendidikan adalah mampu mengoptimalkan potensi anak dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, sebagai guru perlu mengetahui secara pasti potensi tiap anak dan mengetahui kemampuan berpikir anak. Penerapan teori Piaget dan Vygotsky dalam pembelajaran, keduanya sama-sama menyetujui bahwa posisi guru sebagai fasilitator dan pembimbing, metode belajar yang digunakan lebih berfokus pada anak sehingga potensi anak dan cara berpikir anak dapat berkembang dengan baik.

Published
2021-01-31