Supervisi Profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga TP 2019/2020

  • Mujibur Rohman UIN Saizu Purwokerto
Keywords: Guru, Profesionalisme, Supervisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Ujian Kompetensi Guru tahun 2015 dan 2016 dengan nilai akumulasi rata-rata 50, hal ini mendeskripsikan belum terpenuhinya indikator guru profesional, apalagi mengarah kepada profesionalisme guru. Problematika tersebut perlu segera dibenahi salah satunya dengan pelaksanaan supervisi pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi dan proses Supervisi Profesionalisme di MI yang selanjutnya bisa dijadikan role model serta blue print konsep supervisi pada madrasah. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan melaksanakan Supervisi Profesionalisme Guru di MI. Berdasarkan paparan dan interpretasi data, pelaksanaan supervisi pengajaran dapat meningkatkan profesionalisme guru di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Supervisi di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga mampu meningkatkan profeisonalisme guru pada kompeteni pedagogik, kepribadian, professional, dan kompetensi sosial.

Published
2021-10-13