Pendidikan dan Pengajaran dalam Al-Qur'an
Analisis Semantik Toshihiko Izutsu
Abstract
Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Terdapat ayat Al-Qur'an yang menyinggung masalah pendidikan dan pengajaran. Kajian tafsir Al-Qur'an mengalami perkembangan yang pesat. Banyak metode dan pendekatan yang digunakan dalam menganalisis al-Qur'an diantaranya semantik. Penelitian ini mengkaji bidang semantik pendidikan dan pengajaran dalam perspektif semantik yang diusung oleh Toshihiko Izutsu. Objek kajian dalam penelitian ini adalah ayat al-Qur’an tentang pendidikan dan pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan yang dipraktikkan oleh masyarakat pra-Islam, Islam dan setelah turunnya al-Qur'an mengalami perubahan makna. Pendidikan yang dalam bahasa Arab diterjemahkan tarbiyah dulu diartikan sebagai memelihara atau merawat mengalami perluasan makna meliputi kegiatan pengajaran yang bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi diri, keterampilan dan berakhlak mulia. Makna ini mengalami transformasi yang signifikan jika dibandingkan dengan makna pengajaran yang secara historis tidak mengalami perubahan yang signifikan.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







