Administrasi, Analisis Butir dan Kaidah Penulisan Tes
Abstract
Tes adalah alat ukur yang digunakan untuk mendeteksi materi yang belum dipahami dengan baik oleh siswa. Sebagai barometer, tentu saja, seperti "detektor" harus dapat mendeteksi bagian mana yang sehat, dan bagian-bagian yang sakit dan memerlukan perawatan intensif. Bagi pembuat tes, analisisnya adalah validitas empiris. Standar tes item adalah item yang dilengkapi dengan administrasi (SK, KD, indikator dan jumlah item), analisis kualitatif (studi item tes) hingga analisis kuantitatif. Dalam melakukan item analisis, penulis item / pembuat dapat menganalisis secara kualitatif, dalam hal konten dan bentuk, dan kuantitatif dalam hal karakteristik statistik atau prosedur meningkat dalam penilaian dan peningkatan prosedur secara empiris. Tujuan penelitian adalah untuk menilai dan memeriksa setiap item tentang masalah tersebut untuk mendapatkan nilai / item yang baik sebelum digunakan. Selain itu, tujuan analisis item juga untuk meningkatkan tes melalui revisi atau membuang tes yang tidak efektif, dan untuk menyelidiki informasi diagnostik pada siswa apakah mereka telah / belum memahami materi yang diajarkan. Tes item yang baik adalah tes yang dapat memberikan informasi setepat mungkin sesuai dengan tujuan yang peserta didik / siswa dapat menentukan mana yang telah atau belum menguasai / memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







