Profesionalitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa

  • Mahruzar Riyadi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh secara simultan profesionalitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MIN Pekalongan kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Kompetensi adalah kemampuan seorang guru, dimana guru mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, kompetensi guru juga membuat guru lebih baik dalam mengajar, selalu mempersiapkan dengan baik perangkat pembelajaran yang akan digunakan, serta lebih memiliki konsep dalam pengajaran. Hal tersebut dapat membuat peserta didik lebih mudah dalam memahami pengetahuan yang diberikan oleh guru dan dapat mencapai prestasi belajar yang baik, dan berlaku juga sebaliknya. Kegunaan penelitian ini adalah: diharapkan dapat memberikan sumbangan penelitian kepada guru untuk meningkatkan perannya guna meningkatkan proses pembelajaran siswa yang baik di MIN Pekalongan kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. memberikan sumbangan pemikiran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta dapat dijadikan referensi penelitian lebih lanjut bagi para peneliti yang akan datang, khususnya terhadap aspek-aspek yang secara rinci belum dapat diungkapkan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pengumpulan data melalui: angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis datanya yaitu uji instrumen penelitian, uji prasyarat dan uji hipotesis.

Published
2022-04-15