Pola Pembinaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Yang Ditinggal Merantau Orang Tua
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembinaan pendidikan karakter bagi anak yang ditinggal merantau orang tua di Desa Jungpasir Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara didukung dengan observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ibu, ayah, dan nenek yang merupakan pengasuh anak dalam keluarga perantau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola pembinaan pendidikan karakter bagi anak yang ditinggal merantau orang tua di desa Jungpasir kecamatan Wedung kabupaten Demak. Dalam penelitian ini orang tua atau pengasuh dalam membina anak-anaknya menggunakan pola asuh yang berbeda-beda, diantaranya menggunakan pola asuh permisif, demokratis, dan otoriter. Sedangkan pendidikan karakter yang diajarkan orang tua atau pengasuh pada anak meliputi pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia dan lingkungan. Faktor penghambat pembinaan pendidikan karakter bagi anak yang ditinggal orang tua merantau meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas latar belakang pendidikan, perekonomian keluarga, dan terbatasnya waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Faktor eksternal pengaruh tekhnologi yang semakin canggih.
Copyright (c) 2022 Himmatul Aliyah, Wahidin Wahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







