Pengembangan Konstruk Alat Ukur Ketangguhan Akademik Peserta Didik
Abstract
Penelitian yang dilakukan dilatabelakangi oleh peserta didik yang tidak dapat menghadapi kesulitan pada proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur ketangguhan psikologis dalam akademik peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengembangan dimulai dengan uji kelayakan instrumen, uji keterbacaan, dan uji coba instrumen. Uji validitas menggunakan aplikasi bantuan winsteps model Rasch. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan instrumen alpha Cronbach dengan aplikasi bantuan winstep menggunakan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan item telah memenuhi kriteria validitas Outfit Mean Square (MNSQ): 0,5 <MNSQ <1,5, Outfit Z-Standard (ZSTD): -2,0 <ZSTD <+2,0, dan Point Measure Correlation (Pt Mean Corr): 0,4 <Pt Measure Corr <0,85. Sedangkan hasil uji reliabilitas sebesar 0,97 berada pada kategori istimewa. Temuan ini menjelaskan item-item yang dikembangkan pada konstruk alat ukur dapat digunakan pada penelitian ketangguhan psikologis dalam akademik.
Copyright (c) 2022 Muhammad Muhajirin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







