Pengembangan Konstruk Alat Ukur Ketangguhan Akademik Peserta Didik

  • Muhammad Muhajirin Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatabelakangi oleh peserta didik yang tidak dapat menghadapi kesulitan pada proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur ketangguhan psikologis dalam akademik peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengembangan dimulai dengan uji kelayakan instrumen, uji keterbacaan, dan uji coba instrumen. Uji validitas menggunakan aplikasi bantuan winsteps model Rasch. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan instrumen alpha Cronbach dengan aplikasi bantuan winstep menggunakan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan item telah memenuhi kriteria validitas Outfit Mean Square (MNSQ): 0,5 <MNSQ <1,5, Outfit Z-Standard (ZSTD): -2,0 <ZSTD <+2,0, dan Point Measure Correlation (Pt Mean Corr): 0,4 <Pt Measure Corr <0,85. Sedangkan hasil uji reliabilitas sebesar 0,97 berada pada kategori istimewa. Temuan ini menjelaskan item-item yang dikembangkan pada konstruk alat ukur dapat digunakan pada penelitian ketangguhan psikologis dalam akademik.

Published
2022-08-06