Kriteria Telaah Materi Ajar Bahasa Arab
Abstract
Materi ajar merupakan poin pokok dalam pembelajaran. Menelaah Materi ajar perlu memperhatikan beberapa kriteria di antaranya adanya kesesuaian dengan tujuan pengajaran, topik, kontek, sistematika penyajian dan pengunaan bahasa. Hadirnya Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, serta adanya pendorong Motivasi seperti gambar di awal pelajaran, mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas pada tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, maupun Aliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistematika penyajian materi bahasa dan keterampilan bahasa digambarkan sesuai dengan teori alamiyah belajar dan memperoleh bahasa. Secara hirarhis, pengalaman belajar bahasa dimulai dengan proses menyimak dialog, meniru dan mengadaptasi dialog lalu dilakukan oleh semua perserta didik untuk mencapai kemahiran dalam pengucapan dan berbicara, dilanjutkan kegiatan membaca dan menulis. Pengajaran kosa kata disajikan dalam konteks, kalimat lengkap dan wacana yang bermakna bagi pencapaian atau penguasaan aspek kata maupun penguasaan tata kalimat, sehingga kosa kata dikuasai secara baik untuk merangsang pertumbuhan bahasa dan pemakaiannya.
Copyright (c) 2022 Mochamad Afroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







