Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu
Abstract
Manajemen sekolah sangat berperan penting dalam ketercapaian mutu sekolah. Manajemen sekolah merupakan penyelarasan sumber daya yang dilakukan secara mandiri. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu pertama dengan menggali berbagai data penelitian di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. penelitian ini sebagai instrumen yang telah disediakan oleh peneliti dengan mewawancarai informan dan menggali beberapa dokumen madrasah, tahap kedua adalah dengan menganalisis data yang telah peneliti dapatkan dalam penelitian sampai ditemukannya sebuah kesimpulan, selanjutnya tahap ketiga adalah melakukan pengecekan keabsahan data dengan mengkonfirmasi kepada madrasah terkait hasil penelitian yang dilakukan apakah sudah sesuai atau tidak. Adapun hasil dari penelitian ini yakni: madrasah memiliki perencanaan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penyusunan dan penetapan program kegiatan dan mengadakan sosialisasi program kegiatan. Kepala MI Plus Nur Rahma memiliki berbagai strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di antaranya: menjadi contoh atau tauladan bagi seluruh komponen madrasah, Memberikan reward serta punishment kepada guru, mengontrol dan menilai seluruh komponen madrasah, mengadakan berbagai kegiatan tambahan, memberikan pelayanan yang baik, dan meningkatkan pelatihan guru.
Copyright (c) 2023 Moch. Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







