Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik

  • M Reihan Hardisyah P Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Nur Maulidah Umi F
  • Abdullah Zaini
Keywords: Classroom Management, Teachers Difficulties

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesulitan guru dalam mengelola kelas  beserta  faktor  penyebab  dan juga  solusi  yang  bisa  dilakukan  untuk  mengatasi kesulitan dalam pengelolaan kelas di SMK Ihyaul Ulum Gresik. Dalam penelitian ini penulis memilih metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian kali ini adalah seorang guru di SMK Ihyaul Ulum Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman untuk analis data seperti reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Dari hasil penelitian diperoleh informasi tentang kesulitan seorang guru dalam menjalankan pengelolaan kelas seperti kesulitan dalam mengatur disiplin siswa, kesulitan mengatur tingkah laku murid, dan kesulitan mengatur sumber dan metode pengajaran. Faktor yang  mempengaruhi kesulitan guru dalam mengelola kelas seperti faktor murid, faktor guru dan fasilitas sekolah itu sendiri. Solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memperbaiki metode pengajaran, memberi pendekatan dan juga bimbingan, memilih dan memodifikasi metode serta bahan ajar yang tepat, yang terakhir mengadakan diskusi untuk evaluasi dengan pengajar lain dan juga pimpinan atau kepala sekolah.

Published
2024-02-28