Pengaruh Total Quality Manajemen (TQM) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang
Abstract
Pengaruh Total Quality Manajement (TQM) dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, dengan obyek Penelitian Prestasi Belajar anak didil di Madrasah Aliyah. Indikator prestasi belajar meningkat yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Total Quality Management (TQM) atau yang dikenal Manajemen Peningkatan Mutu Terpadu adalah konsep manajemen sekolah/ Madrasah Sebagai sebuah inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah/ madrasah yang diharapkan dapat memberikan Perubahan yang lebih baik sesuai dengan perkembangan tuntutan dalam menjawab permasalahan pengelolaan pendidikan pada tingkat sekolah di Madrasah Aliyah Nurul-huda Mereng Kec. Warung Kab. Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian. kuantitatif artinya penelitian yang berpusat atau menghasilkan angka-angka (data deskriptif) dengan metode ex-postfacto untuk menguji variable independent yang merupakan variable bebas yang mempengaruhi timbulnya variable dependen (terikat). Pengumpulan data, penulis menggunakan metode angket,observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis dengan menggunakan model analisis Statistik Deskriptif yaitu statistic yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi. Hasil dari penilitian ini adalah Implemetasi Total Quality Management dalam peningkatan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa Total Quality Manajemen (TQM) yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Kec. Warungpring Kab.Pemalang tergolong baik, artinya berjalan dengan baik. Dan Prestasi belajar di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang meningkat dengan bukti meningkatnya lulusan dan beberapa kejuaraan sesuai dengan hasil penelitian dan tergolong kategori lebih dari cukup. Sedangakan pengaruh TQM dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul HudaMereng Kecamatan Warungpring Kabupan Pemalang memiliki pengaruh yang sangat kuat dan sangat tinggi dengan nilai interpretasi pro duct moment 1,03. Salah satu saran peneliti terhadap madrasah adalah agar semua guru lebih kreatif lagi dalam menggunakan dan memanfaatkan TQM dalam rangka mengembangkan sekolah sehingga peserta didik bertambah semangat untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.
Copyright (c) 2023 Ahmad Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







