Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika
Abstract
Fisika dipandang sebagai pelajaran penting untuk diajarkan sebagai mata pelajaran terpisah dengan beberapa pertimbangan. Ada dua hal penting yang saling terkait dan tak terpisahkan dalam studi fisika, yaitu studi teori dan observasi di laboratorium fisika. Keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain, saling ketergantungan dan saling mengisi. Fisika dipandang sebagai proses dan produk sehingga keberhasilan pembelajaran fisika harus mempertimbangkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pelajaran Fisika menyediakan perlengkapan belajar untuk peserta didik, sebagai sarana untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa. Kemampuan berpikir ini berguna untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, juga berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan pendidikan fisika adalah laboratorium. Melalui kegiatan praktikum di laboratorium dapat ditunjukkan fenomena alam dan konsep fisika yang dibahas di dalam kelas, dapat diperagakan dan dibuktikan. Selain itu, kegiatan praktikum dapat menumbuhkan sikap mandiri, sikap ilmiah, minat, kejujuran dan melatih keterampilan psikomotor di antara peserta didik.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







