Profesi Guru Perspektif Sosiologi Pendidikan
Abstract
Beberapa hal yang tentunya kita semua berbagi apresiasi bahwa perjuangan guru dari waktu ke waktu selalu melatih dan pelatihan itu menunjukkan profesi guru di masa depan selalu mengikuti perubahan dan laju perkembangan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern kompetensi pribadi guru perlu untuk memiliki para guru adalah sebagai berikut: guru sebagai manusia yang Maha Kuasa, guru memiliki keunggulan dibanding yang lain, guru senantiasa berhadapan dengan komunitas yang berbeda dan beragam keunikan peserta didik dan manusia maka guru perlu mengembangkan sikap toleransi dan toleransi dalam menyikapi perbedaan yang dijumpai dalam berinteraksi dengan peserta didik dan masyarakat, guru diharapkan menjadi fasilitator dalam mengembangkan budaya berpikir kritis di masyarakat, saling menerima perbedaan pendapat dan menyepakati tujuan bersama maka diperlukan seorang guru untuk menjadi demokratis dalam menyampaikan dan menerima ide tentang masalah yang ada di sekitarnya o agar para guru bersikap terbuka dan tidak menutup diri dari hal-hal di luar dirinya. Ruang lingkup layanan guru dalam menjalankan profesinya yang terdiri dari: Layanan administrasi pendidikan, layanan pengajaran; dan layanan dukungan.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







