Terapi Bermain Puzzle untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak Attention Deficite Hyperactive

  • Waqiatus Zahroh 3Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Al – Mardliyyah Pamekasan
  • Nur Imamah
  • Eva Rosita
Keywords: terapi, konsentrasi, puzzle, anak berkebutuhan khusus, Attention Deficite Hyperactive

Abstract

Untuk mengetahui proses terapi bermain puzzle dan pengaruh permainan puzzle pada anak Attention Deficite Hyperactive di Rumah Cahaya Insan Generasi. Matode penelitian dengan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi penyajian serta penarikan kesimpulan. teknik keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: tahap awal: menyiapkan ruangan, kondisi anak dan memberikan reward. tahap proses: tekhnik terapi kolaboratif, demo puzzle di depan anak, dan pemberian reward. Tahap akhir: mencatat hasil. dampak permainan puzzle terhadap anak Attention Deficite Hyperactive mendukung terhadap tingkat konsentrasi anak yang ditunjukkan dengan respon anak terhadap intruksi yang diberikan terapis.

Published
2024-02-24