Manajemen Pesantren Mahasiswa Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri
(Studi Kasus Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura)
Abstract
Eksistensi pesantren mahasiswa di kalangan perguruan tinggi negeri berbasis keislaman mampu bertahan hingga dapat berkembang menjadi pesat. Terlepas dari itu, manajemen yang matang dapat menjaga kualitas mutu lembaga tersebut. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan strategi berupa studi kasus di Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura. Data diperoleh dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan berupa penambahan cabang pesantren yakni asrama mahasiswa dengan rancangan kurikulum layaknya pesantren. Melakukkan kaderisasi, yang ditujukan bagi para alumni untuk mengurus asrama di berbagai cabang. Menyusun program-program yang dapat menunjang mutu pendidikan di perkuliahan. 2) pengorganisasian melalui pengadaan rapat bagi para pengurus (musyrifah) pesantren maupun asrama, pengasuh, pimpinan dan pembina serta asatid yang tergabung dalam pesantren maupun asrama Darussalam. 3) pelaksanaan berupa implementasi kurikulum dan program yang telah di rancang oleh para pengurus (musyrifah) pesantren maupun asrama, pengasuh, pimpinan dan pembina serta asatidz/asatizah. 4) Evalusi berupa, rapat bulanan, akhir semester, imtihan dan akhirussanah.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







