Penilaian Otentik

  • Nisrokha Nisrokha STIT PEMALANG

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran sebagai suatu proses, mengandung tiga unsur yang dapat dibedakan, yakni tujuan pengajaran (instruksional), proses pembelajaran, dan hasil belajar. Tujuan instruksional pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang diharapkan pada diri siswa. Oleh sebab itu, dalam penilaian hendaknya dilihat sejauh mana perubahan tingkah laku siswa setelah melalui proses pembelajaran. Dengan mengetahui tercapai tidaknya tujuan-tujuan instruksional, dapat diambil tindakan perbaikan pengajaran dan perbaikan kualitas siswa yang bersangkutan dengan cara melakukan perubahan dalam strategi pembelajaran, memberikan bimbingan pada siswa secara efektif atas kesulitan yang dihadapi, melengkapi saran prasarana yang mendukung terciptanya proses pembelajaran yang efektif, efisien dan kondusif. Dengan kata lain, hasil penilaian tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan instruksional, tetapi juga guna melihat perubahan tingkah laku siswa, dan juga sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses pembelajaran yang lebih baik.

Published
2018-08-31