Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di Sekolah
Abstract
Peningkatan sikap disiplin dapat dilakukan melalui pembiasaan secara rutin dilakukan dan contoh dan teladan yang baik dari guru. Pembiasaan merupakan cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter pada anak salah satunya melalui pembiasaan shalat dhuha. Dalam usaha meningkatkan kedisiplinan siswa dapat melalui kegiatan sholat Dhuha berjamaah secara rutin yang dilaksanakan setiap pagi sebelum masuk proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu agar meningkatnya kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagaaman yang secara rutin dilaksanakan di sekolah dengan melakukan pembiasaan shalat dhuha berjamaah. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada lembaga madrasah yang lain untuk menerapkan kegiatan keagaaman seperti pembiasaan shalat dhuha berjamaah dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Adapun Penelitian ini menggunakan desain penelitian kajian literatur dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan artikel dan jurnal yang sesuai fokus kajian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di sekolah dilaksanakan di lapangan sekolah yang dipimpin oleh guru. Dengan adanya pembiasaan solat dhuha berjamaah dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah.
Copyright (c) 2025 Alifia Nurdiana Diana, Siti Masyitoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.







