Metode Bernyanyi Nadzam Kitab “Ra’sun Sirah” untuk Menambah Perbendaharaan Mufradat Bahasa Arab Santri TPQ Roudlotul Athfal Wonosari Gunungkidul

  • Ulin Nuha STAI Yogyakarta

Abstract

Pembelajaran mufradat adalah merupakan materi yang paling awal harus diajarkan kepada para pembelajar Bahasa Arab. Karena penutur Bahasa Asing yang baik adalah mereka yang menguasai banyak mufradat atau kosakata dari Bahasa Asing tertentu sehingga ia bisa berkomunikasi dengan penutur bahasa aslinya. Oleh karenanya pengajaran kosakata adalah pengajaran yang sangat penting untuk dilakukan. Termasuk di TPQ Roudlotul Athfal Wonosari Gunungkidul, semua santrinya sedari dini diajarkan untuk mengenal, menghafal, dan menguasai mufradat Bahasa Arab. Melalui penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif ini akan dipaparkan tentang bagaimana ustadz ustadzah di TPQ Roudlotul Athfal Wonosari Gunungkidul mengajarkan mufradat Bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dengan Kitab Nadzam “Ra’sun Sirah” sebagai buku ajar yang menjadi acuan pengajarannya. Melalui metode bernyanyi dengan menggunakan Kitab Nadzam “Ra’sun Sirah” tersebut, para santri TPQ Roudlotul Athfal Wonosari Gunungkidul dapat dengan mudah menguasai banyak menambah perbendaharaan mufradat Bahasa Arab mereka.

Keywords; Metode Bernyanyi, Kitab “Ra’sun Sirah”, Mufradat, Santri TPQ

Published
2024-07-18