PENGARUH TRANSFER PRICING DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK
Abstrak
Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai
pengaruh transfer pricing dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2020 yang berjumlah 67 perusahaan.
Berdasarkan prosedur pemilihan sampel, diketahui bahwa jumlah sampel yang
ditetapkan adalah 45 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan
dilakukan dengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa transfer pricing berpengaruh
agresivitas pajak dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
Secara simultan transfer pricing, manajemen laba tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
agresivitas pajak.