Pembelajaran Qur’an Hadits Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguraikan pembelajaran contextual teaching and learning pada: pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits di madrasah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Sambas; Faktor yang menjadi masalah dalam pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits di MAN Insan Cendekia Sambas; dan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran Qur’an Hadits MAN Insan Cendekia Sambas. Penelitian didesain dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik dan siswa di MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat. Hasil analisis menunjukkan bahwa MAN Insan Cendekia Sambas dalam penyelenggaraan pembelajaran Hadits, secara falsafi mengikuti langkah-langkah yang didasarkan pada Al-Quran dan Hadits, sedangkan secara teknis operasional cenderung menggunakan model Mastery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal ini berarti pola pembelajaran Hadits di MAN Insan Cendekia Sambas mendukung model Mastery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, sebab teori dari kedua konsep ini membuktikan kebenaran al-Qur’an dan dan Keteladan Nabi Muhammad yang jauh lebih dulu lahir sebelum asas-asas yang terdapat dalam model-model pembelajaran sekarang. Dengan demikian model pembelajaran Mastery Learning dengan pendekatan Contetextual Teaching and Learning berpeluang untuk digunakan dalam pembelajaran Hadits di Madrasah.
Copyright (c) 2022 Sopian Sopian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.