Pola Pendidikan Multiple Intelligences pada Pondok Pesantren Al-Isti’anah Jombor Tuntang Semarang
Abstract
Kecerdasan majemuk atau multiple intelegence sangat dibutuhkan di era saat ini termasuk bagi santri. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan pola pendidikan multiple intelligences di Pondok Pesantren Al Isti’anah Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Al-Isti’anah mengembangkan 9 kecerdasan secara terpadu dengan dua sistem sistem yang diterapkan, yaitu: (a) sistem kekeluargaan, dan (b) sistem pembelajaran beragam. Sistem kekeluargaan dibangun atas kesadaran hubungan santri dan kyai sebagai partner untuk mewujudkan tujuan pembelajaran dalam pesantren. Sedangkan system pengajaran beragama dilakukan melalui pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing santri sesuai bakat dan minatnya.
Copyright (c) 2022 Irmawati Irmawati, Wahidin Wahidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.