Pola Pendidikan Multiple Intelligences pada Pondok Pesantren Al-Isti’anah Jombor Tuntang Semarang

Keywords: Pola, Multiple Intelligences, Pondok Pesantren

Abstract

Kecerdasan majemuk atau multiple intelegence sangat dibutuhkan di era saat ini termasuk bagi santri. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan pola pendidikan multiple intelligences di Pondok Pesantren Al Isti’anah Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Al-Isti’anah mengembangkan 9 kecerdasan secara terpadu dengan dua sistem sistem yang diterapkan, yaitu: (a) sistem kekeluargaan, dan (b) sistem pembelajaran beragam. Sistem kekeluargaan dibangun atas kesadaran hubungan santri dan kyai sebagai partner untuk mewujudkan tujuan pembelajaran dalam pesantren. Sedangkan system pengajaran beragama dilakukan melalui pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing santri sesuai bakat dan minatnya.

Published
2022-10-01