Program Kepala Madrasah Berbasis Budaya Religius untuk Membentuk Kepribadian Religius
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk program budaya religius, dan implementasi budaya religius di MTs Negeri 3 Pulosari Pemalang. Penelitian ini termasuk dalam field research menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek primer dalam penelitian ini adalah tiga guru dan kepala MTs N 3 Pulosari Pemalang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kepala MTs N 3 Pulosari Pemalang berbasis budaya religius diawali dengan pengenalan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan budaya religius. Pengenalan budaya religius dilaksanakan pada kegiatan masa orientasi siswa (MOS), kegiatan pembelajaran rutin, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian untuk pengorganisasian budaya religius dilakukan oleh kepala madrasah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dan yang tujuan akhirnya akan dibiasakan oleh semua warga MTs N 3 Pulosari Pemalang. Pelaksanaan kegiatan berbasis budaya religius yang bersifat pembiasaan dan rutinan yang terdiri dari kegiatan tilawatil Qur’an, kegiatan Asmaul Husna, kegiatan Sholat Dhuhur Berjama’ah, sikap 3S (Senyum, Salam, Sapa), kegiatan perayaan hari besar Islam (PHBI), dan kegiatan sedekah Jumat. Untuk keberhasilan dan sebagai dasar evaluasi pelaksanaan kegiatan berbasis budaya religius diperlukan pengawasan yang dilakukan langsung oleh pengawas madrasah dan guru bimbingan konseling (BK).
Copyright (c) 2022 Askuri Askuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.