Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an

Studi pada Siswa SMK Cahaya Islam Pulosari Pemalang

  • Muhamad Faozi SMK Cahaya Islam Pulosari Pemalang
  • Ridwan Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, namun pada realitanya di sekolah banyak ditemukan siswa yang kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini menjelaskan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMK Cahaya Islam Pulosari Pemalang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti bisa menyampaikan hasil penelitian secara deskriptif yang berupa uraian kata-kata tertulis dari hasil pengamatan. Penelitian kualitatif artinya data yang di kumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainnya. Hasilnya adalah upaya-upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan memberikan motivasi, pendekatan individual, dan penerapan metode yang efektif. Adapun faktor-faktor pendukung yaitu motivasi dari guru, adanya latihan, sarana seperti Al-Qur’an dan tempat ibadah. Sedangkan faktor penghambat yaitu siswa yang masih malas dan kurang semangat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, belum adanya sebuah LCD untuk membantu peningkatan pembelajaran dan keterbatasan waktu.

Published
2023-01-20