Strategi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP). Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang memiliki pengaruh besar dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan desain kuantitatif berupa eksperimen satu grup. One sample t-test digunakan sebagai teknik analisis data guna mengetahui efektivitas strategi pembelajaran didasarkan pada tahun ajaran sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai t 11,600. Angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI-BP pada materi tentang asmaul husna antara Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil tersebut memberikan informasi bahwa strategi pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang diperkuat juga dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari semula 70,59 menjadi 85,52. Peningkatan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi para pendidik untuk berupaya mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik.
Copyright (c) 2022 Ahmad Furqon, Nur Alfiah, Ahmad Farhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.