Penanganan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung
Abstract
Game online merupakan sebuah mesin permainan yang memiliki konsep permainan menarik, memiliki gambar tiga dimensi, dan efek-efek yang luar biasa. Banyak anak yang menghabiskan waktu dan uangnya untuk bermain internet game online. Tidak jarang, waktu belajar dan bersosialisasi dengan teman sebaya menjadi berkurang, atau bahkan siswa sama sekali tidak mempunyai waktu untuk belajar dan bersosialisasi. Fenomena kecanduan game online ini diperkirakan berdampak negatif pada peserta didik. Peserta didik yang kecanduan game online merasakan dampak dari game itu sendiri. Untuk mengantisipasi efek buruk yang akan terjadi dan untuk meminimalkan kecanduan game online dibutuhkan kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua. Hasil penelitian ini adalah kencanduan bermain game online berdampak pada penyelesaian tugas peserta didik di sekolah, selain itu hubungan sosial akan terganggu dan lebih menjadi pribadi yang lebih menarik diri. Kegiatan ini dilakukan dengan proses konseling individual.
Copyright (c) 2022 Apriadi Bahtiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Madaniyah is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.