Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidiyah

  • Niken Rahmawati STIT Pemalang
Keywords: peran, kepala madrasah, manajemen, berbasis madrasah

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran dalam meningkatkan kinerja seluruh sumber daya manusia yang ada di Lembaga Pendidikan yang dipimpinnya, dari mulai staf TU sampai guru pengajar merupakan sumber daya manusia di sekolah yang harus melakukan peningkatan dalam kinerjanya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dan menggunakan metode kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dengan menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya dan untuk mendapatkan hasil yang sesuai peneliti inginkan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, observasi mendalam, wawancara dan dokumentasi. Kriteria kepala madrasah di MI GUPPI Kelang Depok sudah memperhatikan kriteria yang telah ditentukan dalam Permendiknas Nomor 13 tahun 2007. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen berbasis madrasah di MI GUPPI Kelang Depok dikatakan sudah baik. Hal ini ditunjukan dari peran kepala madrasah sebagai educator, manager, supervisor, leader, inovator, dan motivator sudah terlaksana dengan baik. Peningkatan manajemen berbasis madrasah di MI GUPPI Kelang Depok setelah kepala madrasah beperan di dalamnya, dalam kinerjanya yaitu berkaitan dengan manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan pembiyaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen peran serta masyarakat, manajemen layanan khusus juga mengalami peningkatan dan telaksana dengan baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan di tiap masing-masing manajemen.

 

 

Published
2024-02-11